Rabu, 22 April 2015

Solusi ketika mengganti css pada wordpress tidak kunjung berubah pada interfacenya

Bagi anda yang menggunakan opensource wordpress pasti pernah mengalami hal ini, ini merupakan pengalaman pribadi saya. Sudah lama website publish tentunya banyak pelanggan yang selalu mengunjungi website kita. namun ketika kita mengedit stylenya melalui style.css. Namun setelah mengeditnya perubahan tidak kunjung ada, hal ini karena setiap browser menyimpan chace style.css. Cache bermanfaat untuk user agar mereka tidak terlalu terbebani ketika membuka website. Salah satu cara yang bisa dilakukan developer agar mudah dalam editing file css adalah dengan menambahkan version secara inline pada bagian tag stylesheet. Berikut caranya
Buka file header.php, cari baris yang berisi tag link stylesheet, misal:

Replace dengan ini:

Contoh output:
Kode tersebut berfungsi untuk menampilkan angka berupa waktu file style.css terakhir kali diedit yang diasumsikan oleh browser sebagai nama file tersendiri. Nama file css yang berbeda akan mencegah browser untuk menampilkan css yang sudah dicache. Setiap kali file css dirubah angka tersebut akan berubah juga setiap kali browser refresh.
Cara tersebut berfungsi diluar kondisi website yang menggunakan sistem caching, misal W3TotalCache atau WordFence. Selain itu, cara tersebut juga berfungsi jika theme yang dipakai menggunakan css yang default, yaitu di folder-theme/style.css.
Perlu diingat juga, bahwa cache sebenarnya membantu user. Jadi sebenarnya sebagai developer, kita yang harus berusaha lebih keras jika ada masalah css caching seperti ini. Tips yang mungkin bisa dilakukan selain edit koding adalah dengan menggunakan browser dengan mode Private (firefox) atau Incognito (chrome) untuk mencegah caching.
Semoga membantu.by forum wordpress taufan

1 komentar:

Shezar Kaesih mengatakan...

mana kodenya?